Tuesday, December 5, 2017

Moda Transmisi Otomatik


Transmisi otomatik dikendalikan dengan hanya menggerakkan tuas percepatan ke posisi tertentu. Posisi tuas transmisi otomatik disusun mengikuti format P-R-N-D-3-2-L, sama ada di kiri ke kanan ataupun dari atas ke bawah. Mesin hanya bisa dihidupkan pada posisi P ataupun N aja.
Umumnya moda transmisi otomatik adalah seperti berikut:
1. P (Park) adalah posisi untuk kendaraan parkir, Transmisi terkunci pada posisi ini sehingga
    kendaraan tidak bisa didorong.
2. R (Reverse) adalah posisi untuk memundurkan kendaraan.
3. N (Neutral) adalah posisi gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas.
4. D (Drive) adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal.
5. 2/S (Second) adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan.
6. 1/L (Low) adalah posisi maju pada gir ke satu, hanya digunakan pada saat mengendarai pada
     medan yang sangat curam.

Sedangkan opsionalnya adalah:
1. 3 adalah posisi untuk berjalan maju dan transmisi tidak akan berpindah pada posisi gir atas.
2. O/D (Over Drive) adalah posisi supaya perpindahan gir pada transmisi terjadi pada putaran
    mesin yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment